Jumat, 25 Januari 2019

Pernah Suka Kamu


Waktu SMA dulu kamu suka apa? Kalau saya sih, astronomi, hehe

Pengalaman paling luar biasa adalah ketika ternyata lolos jadi perwakilan sekolah ikut Olimpiade keilmuan ini, pada masanya. Nggak menang sih, tapi gapapa juga sih.

Pengetahuan umum yang selalu pingin dibagi ke khalayak terkait ini adalah, bahwa Astronomi bukan astrologi. Cuma mirip nomenklatur aja, tapi beda makna. Macam penjahat sama penjahit, gitu. Beda, to?

Pernah ikut kegiatan apa aja selain Olimp? Hah? Banyak! Banyak daftarnya, banyak gagalnya, ahahah

Angan-angan yang pernah tersampir di bahu kala itu, pingin banget jadi mahasiswa astro di satu-satunya Perguruan Tinggi yang buka jurusan itu. Rajin banget riset deh, waktu itu.

Atas semua yang pernah saya geluti itu, sekarang sisanya apa ada? Alhamdulillah, ya.

Pertama: saya jadi tahu kalau di angkasa sana ada bintang yang namanya samaan kayak saya. Saya jadi hafal segala tentang dia mulai dari nasab penamaannya, senarai katanya, ukurannya, urutan terangnya, letaknya pada rasi apa, tepatnya bagian mana, bertetangga dengan bintang apa, dan seterusnya. Ia dan rasinya jadi mudah ditemukan, selalu mudah, selalu ampuh membuat senyum jadi rekah.

Kedua: berkelana dengannya sebagai atap lebih menyenangkan dibanding saat benderang siang-siang. Selain karena tidak panas, ada suasana yang unik padanya, padu antara dingin dan misterius, tenang dan damai. Orang-orang, sebagian berwajah lelah dengan peluh yang bertransformasi menjadi bagian basah di kemeja menuju pulang. Sebagian lainnya segar bugar dan agak sedikit lapar, justru baru berangkat, semacam shift malam.

Ketiga: saya, kepada langit malam, jadi jatuh cinta. Kepada penggemar fajar dan senja, mohon maaf sebelumnya, tapi bagi saya langit malam senantiasa juara. Meski tak punya semburat jingga, meski gelap gulita, ia justru terlihat lebih ... sahaja. Tak mampu saya bayangan penciptaannya, pengelolaannya, penghapusannya; runtuh dan retaknya; akankah bintang berjatuhan? Apakah yang sedang kita lakukan?

Jadi penasaran juga?
Kamu bisa kunjungi @infoastronomy
Atau melihat lebih dekat di apod.infoastronomy.org

1 komentar:

  1. You know what! Ku suka astronomi dari SD, tp ga diajarin karna guru yg janji mau ngajarin malah pindah sekolah T.T

    BalasHapus