Kamis, 24 Januari 2019

Allan Karlsson the Explorer!

Selamat Malam, Bu @aniyudhoyono. Saya baru saja menamatkan sebuah buku karangan seorang berkebangsaan Swedia, Jonas Jonasson —percayalah dia orang Eropa, bukan Sunda. Judulnya, The 100-year-old Man Who Climbed Out Of the Window and Disappeared.


Bercerita tentang petualangan gila seorang Kakek bernama Allan Karlsson yang melompat lewat jendela kamarnya. Kakek ini, Bu, memainkan peran kunci di balik berbagai peristiwa penting abad kedua puluh, seperti membantu menciptakan bom atom, berkawan dengan Presiden Amerika dan tiran Rusia, bahkan membuat pemimpin komunis Tiongkok berutang budi padanya!


Allan bahkan pernah melakukan perjalanan yang lebih gila daripada para pemuda dengan ambisi menaklukkan atap dunia, seperti memelihara gajah, menyebrangi Himalaya, mencuci koper berisi lima puluh juta krona, menghilangkan Vladivostok dari peta Rusia, direkrut menjadi agen rahasia CIA, menyulap pelayan perempuan Bali menjadi Diplomat Paris, meledakkan pondok karena marah pada rubah yang berhasil menangkap kucingnya —sebenarnya Allan memasang sumbu peledak di samping kandang ayam, tapi saking marahnya Allan lupa bahwa ia menyimpan semua dinamitnya tepat di sebelah kandang ayam.

Allan Karlsson benar-benar ... bacaan yang menyenangkan. Rasanya seperti naik kendaraan yang dikemudikan Forrest Gump. Komedi imajinatif yang meledak-ledak. Satire cerdas yang sederhana, memesona, tapi absurd juga.

Novel ini berlabel 'international bestseller' dengan lebih dari 180 kali cetak dalam ragam bahasa dunia. Memang fiksi, tapi Bu, beberapa bagian yang menyebutkan negara kita dalam buku ini membuat saya ... sedih. Atau mungkin malu. Apa karena tidak ada fiksi yang lebih nonfiksi daripada yang Jonasson diceritakan tentang Pertiwi?

Entah, saya jadi degdegser, seperti apa Indonesia di serial lanjutannya 🍃

Ngomong-ngomong, apakah Bapak punya instagram, Bu? Tadi saya cari ndak ketemu. Ah, ya, semoga Ibu sekeluarga sehat senantiasa. Selamat berakhir pekan, Buu 💐

Tidak ada komentar:

Posting Komentar