Rabu, 29 Juli 2015

Kelantih

sumber

Ketika sesuatu yang diidam-idamkan justru kelihatan begitu mudah diraih orang lain. Apakah namanya cemburu?

Bukan melebih-lebihkan, hanya saja kala itu, rasa ada selaksa raksasa yang menjawil inginku dengan sembilu.

Membuat rencana demi rencana yang kuronce dengan penuh cinta kupensiunkan tiba-tiba.

Tahu kelantih? Itu, semacam keadaan ketika lapar begitu liar, hingga perut rasa perih tercabik cakar. Baik lambung pun mulut, keduanya dalam keadaan bersih, kesat bin kasar. Begitu terus keadaan sampai diri lupa bagaimana rasa lapar.

Kelantih akan menyambangiku sebentar lagi. Aku dapat merasakannya. Aku menangkap gejalanya; aku merasa semua tawaran menggapai inginku itu mulai detik ini setali tiga uang dengan harapan palsu, kudedikasikan PHP sebagai gelar terbaik bagi oknum yang menawarkanku cara jitu menggapainya, dan hal apa pun yang bersinggungan dengannya akan seketika mewujud onak duri yang mengulum tinu pada relung.

Jikalau boleh bermetafora, setiap pemandangan cantik yang bertema inginku itu atau semacamnya, di mataku, hanya berakhir sebagai sekedar sketsa ilustrator di buku dongeng anak-anak. Palsu.

Dan tidak ada yang paling membuatku sedih kecuali terus mekarnya bibit benci atas apa yang beberapa waktu lalu masih kuidamkan setengah mati tanpa kuhendaki berhenti.



Pertanyaannya sekarang, akankah aku menyerah?

25 komentar:

  1. Berat ni bahasanya...
    Apapun itu tetep semangat. Hadapi semua dengan senyuman. Jngan lupa berdoa untuk dikuatkan hhe

    BalasHapus
  2. harus baca berulang-ulang biar ngerti maksudnya
    udah gua ulangin dua kali masih aja belum ngerti isinya
    mungkin karena udah ngantuk kali ya -_-

    BalasHapus
  3. kelalntih artinya gitu ya, ane baru tahu arti kosa kata ini. jadi umpama puasa kita ini sedang kelantih banget berati. itu kosa kata indonesia atau daerah brai? ane bukan ahli tata bahasa soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbuh, kak, nilam juga tau dari orang ._.

      Hapus
  4. Kelatih dalam kiasan, menggulung dalam ucapan. Baru denger soal kosa kata ini.

    Gue sendiri, masih menerka seperti belajar akan sesuatu. Disebabkan akan apa yg terjadi? Gue ada beberapa paragraf yg masih gue ragu. Intinya, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, jazakallah khair, pangeran wortel :))

      Hapus
  5. kalau orang lain bisa mengapai yang di idam2 kan
    pastinya kita bisa.. ga ada yang mustahil dalam hidup ini

    menyerah adalah hal yang ga pantas untuk di katakan tetap semangat dan berjuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaaakkk akhirnya ada yang ngasih semangat :'D jadi terharu :')
      nomu nomu nomu nomu gomawo :3 hwhw

      Hapus
  6. Entah kenapa tulisan ini terasa begitu dekat :P

    BalasHapus
  7. kelantih tuh bahsa jawa yah.. kalau nggak salah artinya menunggu nggak jelas gitu..

    bersabar ajah sih jangan sampai nnyerah..
    ini asli gue nggak ngerti masud sajak ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oalah, iyakah? baru tau malahan, kapik ._. hmmm
      wkwk, again, as always :)

      Hapus
  8. iya sih, sepertinya emang ada rasa gimana.. gitu ketika sesuatu yang sudah lama diidam-idamkan dan sulit untuk didapatkan, eh malah begitu mudah didapatkan oleh orang lain. entahlah, gue nggak tau perasaan apa itu namanya. yang gue tau.. menyerah bukan pilihaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaaaaakkkk ada juga yang ngerti :'D jadi terharu (lagi) :')
      thanks, jev, i won't give up! *flex

      Hapus
  9. Wah, kosakata baru ya cc...kalo baca punya Tofik malah dari bahasa Jawa, lah gue juga orang Jawa kok ga tau ya..tapi apapun itu..perasaan apapun itu..menyerah emang bukan pilihan..selagi jiwa masih dikandung raga, terus berusaha dan berdoa :D
    Semangaaatt!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yosh! makasi, kak mey udah mau repot-repot nyumbang asupan semangat buat nilam :')

      Hapus
  10. Aa aku baru tau istilah kelantihnitu apa

    BalasHapus
  11. jangan. tapi teruslah berangkat dengan bibit benci dan selaksa tanya tanpa buru menjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *puk tangan* terdengar begitu berpengalaman
      hatur nuhun, nya ~

      Hapus