Sabtu, 14 Februari 2015

Ayah yang Baik, Alhamdulillah

Judulnya udah bikin penasaran, belum? Hwhw

Beberapa hari belakangan Nilam melewati banyak hal. Terhitung minggu pertama masuk kuliah, udah nunggu aja satu per satu amanah. Bukan hal yang mudah, sure.

Beberapa di antaranya datang dari kubu yang sama. Sebut saja BEMF. Salah satunya memenuhi panggilan hati jadi relawan pengajar underbow SOSPOL BEMF di Komunitas Pengembangan Teras Koalisi, yang sering disebut Comdev TEKO.

Kebetulan, Sabtu, 14 Februari adalah hari istimewa bagi komunitas ini. Bukan valentine, sure! Melainkan tepat tiga tahun TEKO punya usia. Tepat di pertengahan bulan dimana kondisi keuangan lancar enggak, seret juga enggak. Terus? Ya nggak apa-apa. Ngingetin aja .-.

Bertepatan pada hari Selasa, 3 Februari 2015, kami selaku relawan mengambil inisiatif untuk mengadakan pertemuan. Bertempat di, ah, nggak usahlah. Langsung aja. Dalam pertemuan itu, innalillah, Nilam diminta untuk memangku amanah sebagai koordinator Humas, Publikasi, dan Dokumentasi (HPD) T^T

Hari demi hari terlewati. Rapat demi rapat digelar dan dihadiri. Suatu hari, Nilam baru selesai kelas Teori Sistem. Langsung menuju sekret BEMF tempat temen-temen panitia lain kongkow :p Nilam nyandarin tas di kaki meja deket pintu sekret setelah ngucap salam. Di luar, adzan ashar berkumandang. Baru bungkuk menjelang duduk, "Ayo, ayo, keluar semua. Mau saya kunci," Kak Dicky berkumandang. Lah? Kenapa? Nilam baru nyampe, belum duduk, diminta keluar. Mau dikunci pula. Kenapa? Ada apa?

Tapi namanya juga Nilam. Penakut. Terima-terima aja. Nggak berani nanya. Cuma ngambil laptop dari tas terus manut, ikut keluar. Duduk-duduk alone, deh, di depan sekret HIMA, nyari-nyari e-book bahan tugas. Agak degdegan, sih. Penasaran sama alasan Ketua BEMF yang baru ini. Tapi, yaudahlah. Insya Allah, seauatu yang ihsan. Walaupun awalnya sempet ngira Kak Dicky lagi marah :|

Nilam masih di depan sekret HIMA pas jama'ah sholat ashar bubar. Dari jauh kelihatan Kak Dicky keluar dari mushola. Nilam perhatiin, kan, habisnya merasa diliatin wkwk. Tapi ternyata bener, soalnya Nilam disapa. Wah, suatu kehormatan buat Nilam, dikenal sama sosok pemimpin yang dielukan masyarakat sefakultas ~

Lepas itu Nilam ngebebek agak jauh di belakangnya, mau ke sekret BEMF lagi. Pasti udah boleh masuk, pikir Nilam. Dan betul. Nilam boleh dan bisa masuk, kali itu sempet duduk.

Tapi itu tadi. Emang dasarnya penakut, Nilam nggak berusaha nanya sesiapa tentang apa yang terjadi sebetulnya. Lalu rapat berjalan seperti biasa...

Tapi hari ini, tadi, Sabtu, 14 Februari 2015, hari dimana acara milad TEKO eksekusi, tepatnya waktu evaluasi Nilam dapet jawabannya secara instan. Tanpa nanya. Kak Dicky minta maaf kalau ada yang tersinggung dengan pengusirannya di hari-hari lalu ketika adzan berkumandang. Tujuannya nggak lain adalah untuk menanamkan disiplin waktu bagi para pengurus dan keluarga besar BEMF. Kumandang adzan adalah semacam bel pengingat bahwa telah tiba waktunya bagi yang muslim untuk mendirikan sholat. Tanpa terkecuali, semua diharapkan berada di luar. Sekret harus ditinggalkan dalam keadaan terkunci dan bersih dari rupa-rupa kegiatan. Masya Allah.

Bukan cuma itu. Banyak hal-hal sederhana lain bernilai penting yang ditekankan ketua BEMJ PGSD 2014 ini sewaktu evaluasi tadi. Mostly, communication. Karena seprofesional apapun koor, sehebat apapun staf, sebaik apapun rencana, jika komunikasi nggak berjalan baik maka sila siapkan ruang untuk kecewa. Brrr.

Beliau juga meminta kami menuliskan sejumlah uang yang telah kami keluarkan untuk tambal-menambal acara tadi. "Kakak nggak akan biarkan kalian pakai uang kalian sendiri. Tulis aja di kertas, yang rapi, nanti BEMF ganti,"

Beliau benar-benar memperhatikan anggotanya. Mengingatkan alpa kami, menambahkan kurang kami, merevisi khilaf kami. Nasehat yang disampaikan tidak pernah sampai melukai hati. Eaaa! Senantiasa menyelipkan penghargaan atas usaha kami dalam bentuk puji dan sokongan semangat bertubi.

Waktu sempitnya aja bermanfaat. Nilam sempat lihat tadi waktu acara belum mulai, sebuah mushaf terbuka di depan wajahnya. Dibaca, tentu. Nilam juga lihat bibirnya bergerak-gerak, melantun ayat-ayat Sang Maha. Ululu ~

Nilam emang baru kenal beberapa minggu belakangan. Itu pun jarang berhubungan. Tapi udah sebanyak ini menuliskan. Berarti insya Allah, ayah baru yang baik buat BEMF dan seluruh masyarakat fakultas, kan? Aamiin!

Lagi pula, dari 'Auf Ibn Malik berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda:
Sebaik-baiknya pemimpin kalian ialah orang-orang yang kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian, juga yang kalian mendoakan kebaikan untuk mereka dan mereka pun mendoakan kebaikan untuk kalian. Sedangkan seburuk-buruk pemimpin kalian ialah orang-orang yang kalian membenci mereka dan mereka pun membenci kalian, juga yang kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian. (HR. Muslim)1

Kak Dicky yang baju hitam
mau kuenya, dong, Bu Merry :3
yah, burem .-.


Ngomong-ngomong ayah...
Ketua BEMF yang lama juga ayah yang baik, kok ^^ Pernah merasakan hal yang sama kayak disebut di atas, waktu dipanggil sama ayah lama ini, merasa dikenal, hwhw. Secara gitu, dikenal sama orang terkenal! :3

Sempet juga tersanjung lepas dari kebimbangan untuk menganggap ini anugerah atau musibah waktu kakak yang katanya kepingin punya adek cowok ini bilang suka main ke blog Nilam. Eh, eh, Kak Dicky juga pernah nyinggung seputar tulisan di blog Nilam, lho. Ya ampun! Kenapa jadi malu, ya? Hahaha. Mungkin karena isinya dari awal release kebanyakan curhat. Pft. But, yeah, akhirnya sedikit banyak, itulah yang memacu Nilam untuk semakin memperbaiki bobot dan kualitas tulisan. Niatnya mau ngurangin postingan ece-ece dan ngapusin yang alay-alay dulu. Tapi kalok dipikir, sayang. Buat bahan ketawaan ajalah, reminder kalok dulu pernah melewati masa itu :p

Buat ayah lama, Nilam sengaja nggak sebut nama nanti orangnya ge er :p Soalnya merasa yakin aja, kakak itu bakal baca ini dalam waktu dekat pun lama. Loh, ini malah Nilam yang ge er :p

yaaah, lebih burem .-.


Ayah lama mau Nilam kenalin kapan-kapan di postingan tersendiri, insya Allah. Jadi wajahnya masih dirahasiakan ;p

Buat kakak-kakak sekalian, ayah lama, ayah baru, dan anak-anaknya, Nilam haturkan terima kasih seeebanyak-banyaknya. Nilam udah kerasan nih, satu keluarga sama kalian :'D insya Allah siap berkontribusi bareng. Doakan istiqomah :)))









 ______________________________

1http://masuksurga.pusatkajianhadis.com/id/index.php/kajian/temadetail/775/jadilah-pemimpin-yang-mencintai-dan-dicintai-rakyat

3 komentar:

  1. "hei, Ayah lama. Apa kabarnya sekarang?. Anda yang tiada hentinya mengingatkan anak-anaknya yang susah sekali paham ini. Ayah yang mungkin saja bosan menasehati kami. Hei, Ayah lama yang membuat suasana kebersamaan semakin mencair. Menyemangati tanpa henti. Hei, Ayah lama"---untuk Ayah lama BEMF

    "Hei, Ayah baru BEMF. Terimakasih telah dari awal langsung membimbing kami serta merangkul kami. Semoga tiada bosan kau celotehi kami dengan terus mengingatkan kami. Semoga kami pun tiada larut dengan kata 'lupa' kami. Semoga, semoga, dan semoga"-------untuk Ayah BEMF yang baru

    --dari seorang kecil yang hanya bagian kecil dari bagian besar BEMF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayah lama lagi sidang :D
      Nilam kangen ayah lama :'

      Hapus
    2. aku bacaaa :D
      kereeeen (y) ditunggu postingan tersendirinya *eh

      yuk sama-sama, semoga istiqomah :)

      Hapus